Home » , , » Pemeriksaan PENYAKIT GINJAL

Pemeriksaan PENYAKIT GINJAL

Written By Unknown on Senin, 01 September 2014 | 21.21

Jenis Pemeriksaan PENYAKIT GINJAL yaitu :
1. Urinalisis
2. Evaluasi Fungsi GINJAL
3. Evaluasi Serologis
4. Pemeriksaan Radiologis
5. Biopsi GINJAL
    Kita akan bahas pemeriksaan penyakit ginjal tersebut satu persatu :

1. URINALISIS
    Urinalisis adalah pemeriksaan mikroskopik urine. Prosedur ini memeriksa sedimen setelah urine disentrifugasi. urin yang normal hampir tidak mengandung sedimen.
Urinalisis dapat memperlihatkan penyakit yang hilang tanpa diketahui karena penyakit itu tidak menampilkan tanda dan gejala yang mencolok. Contohnya diabetes mellitus, glomerulonefritis, dan infeksi saluran kemih kronis.
    Alat yang paling efektif dan sering digunakan adalah plastic dipstick/reagen strip.
reagen strip (dipstick)
    Reagen strip berupa selembar plastik kaku dimana salah satu sisinya (area tes) terdapat bahan penyerap berupa sellulosa yang mengandung reagen-reagen spesisifik terdapat salah satu zat yang mungkin terdapat pada urin. penilaian secara semikuantitatif dilakukan dengan melihat skala warna pada area tes yang kemudian dibaca secara otomatis dengan alat automatik berupa fotometer reflektans. Sampel urin yang dipakai sebaiknya pada waktu pagi segar tanpa dibutuhkan bahan pengawet dan tidak perlu disentrifus sebelum dites.

2. Evaluasi Fungsi Ginjal
    Fungsi Ginjal dapat di evaluasi dengan berbagai uji laboratorium secara mudah. Langkah awal adalah dengan pemeriksaan urinalisis seperti yang sudah saya jabarkan sebelumnya. Berbagai informasi penting mengenai status fungsi ginjal dapat diperoleh dari urinalisis. Pengukuran kadar nitrogen urea darah (BUN) dan kreatinin serum berguna untuk evaluasi gambaran fungsi ginjal secara umum. Kedua uji tersebut dapat membuat estimasi laju filtrasi glomerulus (LFG) yang akurat. Untuk menetapkan LFG dapat dilakukan pengukuran dengan klirens kreatinin atau penetapan LFG secara kedokteran nuklir. Evaluasi fungsi tubulus diukur melalui pengukuran metabolisme air dan mineral serta keseimbangan asam dan basa.


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Fashion

Looped Slider

Flickr Images

About us

Breaking News

Find Us On Facebook

Business

Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Video Of Day

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Ilmu Kesehatan Medis - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger